Otomotif / Opini / Komparasi Antara Yamaha YZF- R15 Dengan Honda CBR 150R

Komparasi Antara Yamaha YZF- R15 Dengan Honda CBR 150R

Kehadiran Yamaha YZF- R15 ditanah air memang kian meramaikan kelas motor sport berfairing 150 cc. Dengan harganya yang hanya 28 juta untuk motor sekelas R series tentu memberikan daya tarik tersendiri. Berbicara rival yang sepadan mungkin Honda CBR 150R patut disandingkan. Berbicara mengenai komparasi antara keduanya tentu menjadi perbincangan yang menarik. Untuk itu saya akan sedikit memberikan komparasi antara Yamaha YZF- R15 dengan Honda CBR 150R.

komparasi-R15-dan-CBR150R-1

Disini saya akan berikan data dan fakta terkait kedua motor tersebut. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi anda yang ingin membeli diantara keduanya. Nah untuk kali ini ada 3 parameter sebagai perbandingan antara Yamaha YZF- R15 dan Honda CBR 150R yakni riding position, fitur, serta desain.

  1. Riding Position
    Dimulai dari riding position karena hal ini tentunya akan memberikan tingkat kenyamanan dalam mengemudi atau ergonomis. Apabila kedua motor tersebut disejajarkan maka setang kemudi memiliki ketinggian yang sama. Namun perbedaanya terlihat pada ketinggian jok. CBR 150R memiliki jok yang lebih rendah hal ini akan berbuntut pada posisi mengemudi yang lebih santai, sedangkan pada Yamaha YZF- 150R posisi duduk akan lebih nungging. Honda CBR 150R memiliki tangki yang lebih lebar sehingga mengakibatkan posisi paha lebih ngangkang.

  1. Fitur
    Berbicara mengenai masalah fitur keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dibadian setang Yamaha R15 memiliki engine cut off sedang pada Honda CBR tidak punya. Kedua motor ini kompak untuk menggunakan kunci kontak dengan pengaman magnet. Lanjut ke sektor Panel indicator, keduanya sama-sama memakai takomater analog dan spidometer digital hanya saja pada Honda CBR mempunyai sein terpisah serta dilengkapi jam dan suhu. Kelebihan Yamaha R15 memiliki 2 tripmeter. Untuk masalah suspensi belakang, R15 memakai link, sedangkan CBR langsung ke Swing Arm. Nah Swing arm keduanya juga memiliki perbedaan jika pada Honda CBR 150 R masih menggunakan besi kotak, maka pada Yamaha R15 sudah menggunakan alumunium ala moge. Bergeser ke sektor lampu perbedaan jelas terlihat pada lampu depan, sedangkan pada lampu belakang R 15 lebih unggul karena menggunakan LED.

  1. Desain
    Desain dari CBR 150 R yang menggunakan garis body membulat lebih mirip Honda VFR1200, sentuhan grafis yang mirip dengan tim Repsol Honda memang terlihat lebih sporty. Sementara itu Yamaha R15 memakai garis-garis tajam layknya Yamaha R6 yang membuatnya lebih sporty. Untuk masalah desain ini tentu anda memiliki selera masing-masing.

Nah itu tadilah komparasi antara Yamaha YZF- R15 dan Honda CBR 150R yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga kini anda sudah tidak bingung lagi untuk memilihi diantara keduanya.

Penulis: zainal

Foto Profil dari zainal

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...