Otomotif / Motor / Tips Membuat Motor Matic Menjadi Lebih Irit

Tips Membuat Motor Matic Menjadi Lebih Irit

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika konsumsi bahan bakar motor matic tidak lebih irit jika dibandingkan dengan motor bebek, bahkan motor sport sekalipun. Pemborosan bahan bakar tersebut terjadi karena motor matic memiliki jumlah gear yang lebih banyak dibandingkan motor bebek maupun motor sport. Lagipula, motor matic juga tidak mempunya rantai sebagai fungsi utama untuk menggerakkan roda.

Pada motor bebek memiliki perseneling yang dapat digunakan untuk mengatur putaran mesin RPM (Rotasi Per Menit) sehingga lebih memungkinkan untuk menghemat bahan bakar. Berbeda sekali dengan motor matic karena memang dirancang untuk kenyamanan berkendara dan tidak mempunyai perseneling sehingga sangat sulit untuk diharapkan lebih hemat bahan bakar melalui pergantian gear layaknya motor bebek ataupun motor sport.

Tetapi tidak perlu khawatir karena meskipun tidak bisa seirit motor bebek, konsumsi bahan bakar motor matic, baik itu motor baru atau lama, masih bisa diminimalisir sehingga tidak seboros biasanya. Salah satu caranya adalah dengan rutin membersihkan radiator. Karena komponen tersebut sebagai fungsi utama dalam menyaring udara yang masuk pada ruang bakar. Hal tersebut turut mengatur boros tidaknya motor matic yang Anda gunakan sehari-hari.

Tips berikutnya yaitu, kendarai motor dengan kecepatan konstan. Jangan sering membuka tutup gas dan melakukan pengereman. Biasanya hal tersebut terjadi jika anda dalam keadaan terburu-buru. Pada saat digunakan untuk akselerasi lebih dan gas dibuka dengan kencang membutuhkan bensin lebih banyak sehingga bahan bakar motor matic menjadi lebih boros.

Kemudian yang terakhir yaitu pilihlah oli yang cocok dengan mesin motor matic, untuk jenis dan merk oli bisa ditanyakan pada tempat servis motor langganan Anda. Karena jika salah memilih oli bisa mengakibatkan kompresi mesin menjadi tinggi dan cepat panas sehingga gear berkerja lebih berat dari biasanya. Jika hal tersebut terjadi biasanya gas menjadi lebih berat dan berimbas pada borosnya bahan bakar yang digunakan.

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...