Otomotif / Formula1 / March…. Racing Season Is Begin!!!

March…. Racing Season Is Begin!!!

Ga kerasa uda bulan Maret…dan dalam hitungan hari kita bakal disuguhin race disetiap weekendnya….yeaayyy…haahhahaha. Akhirnya hari minggu gw uda ga bakal berasa hambar lagii…

formula1-logo2

 

Formula 1 GP bakal digelar di sirkuit pembuka musim… dimana lagi bukan di Albert Park, Aussie tgl 16 Maret besok. Its very interesting to see the first race of the season mengingat musim ini adalah  musim dengan perubahan regulasi balap yang sangat signifikan. Penurunan kapasitas mesin hingga batas tinggi hidung pada musim ini juga bakal dikenang sebagai salah satu musim Formula1 modern dengan bentuk mobil terjelek dan teraneh IMO. hahhahah… :D

Test Pra musim yg digelar di Jeres dan Sakhir pun cukup memberikan kejutan dimana tim juara RedBull Racing terlihat sangat bermasalah dalam menyambut musim ini mengingat ini adalah yg pertama dalam sejarah tim mereka memulai tes pra musim dengan hasil buruk IMHO CMIIW padahal secara logis, harusnya tim RBR adalah yang paling siap menghadapi musim baru dikarenakan jagoan meraka Sebastian Vettel sudah ditentukan gelar juara dunia tahun lalu saat masih di seri GP India… whichis 3 race sebelum race pamungkas CMIIW, so harusnya mereka yg paling siap memulai riset untuk tahun ini,…tapi ya ternyata justyru mereka terlihat sangat kepayahan dalam test pramusim >> terlepas dari issue Power Unit Renault yg bermasalah pada semua tim berbasis mesin Renault. So disini kita akan lihat bagaimana kedigdayaan dari Mr Adrian Newey sang Maestro memecahkan masalah pada tim RedBull tsb.

Berselang seminggu dari Race Formula1, kita akan disuguhin Race Nite in the desert from MotoGP.

motogp

Yesss………..ini yg paling ditunggu oleh para penggila MotoGP, kalo bukan penggila berat pastilah yaa biassa ajaa….hahahha :D karena siapapun penggila pasti tau hasil pramusim test lalu di Malingsia….Oops.. I Mean Malaysia beroh… hehehe, Oke Back to fokus. Test Pramusim lalu di Malaysia sesungguhnya adalah angin segar khususnya buat fans Valentino Rossi #46

Eh, knapa begitu ???……nti bntar, ni gw kasi pict duluu……….. : mamang gw

valentino-rossi-sepang-motogp-test-2014-01

Well, he loooks very well prepared for the season. and yess… it is not a joke. He is very very hard for the season..Yups….di akhir musim lalu The Doctor sempet bilang klo dia blum tau soal masa depan terkait membalap di MotoGP, Itu smua akan dilihat dari performanya sendiri di tengah musim 2014, yang mana saat itu kemungkinan masih 50:50 untuk melihat Vale membalap lagi dimusim depan 2015. Tapi hasil di test pramusim lalu di Sepang sunguh membuat keyakinan diri sang liping lejen berlipat2. Sejatinya Vale belum pernah muterin sirkuit Sepang dikisaran under 2.00.00 tapi taon ini… musim ini, diusianya yg menjelang 35 tahun,…diposisinya yg hanya rider nomer dua di tim,….diantara lawan2nya yang berusia jauh lebih muda,….dengan banyak mata yg memandang sinis kepadanya setelah era buruknya bersama Ducati dan kurang kompetitifnya saat kembali ke Yamaha ditahun pertamanya…hey, but you know what ??..

He made it Dude….

Yess…silahkan membenci tapi anda bisa mencari lawan yg setimpal tentang seorang yang masih sangat berjuang diusia yang tidak lagi muda (khusus bidang atlet, masuk usia kpala 3 uda dicap tuir dan kurang kompetitif lagi.) tapi masih punya semangat dan passion yang begitu kuat untuk hidupnya…. gw yakin ga banyak listnya,…dan gw yakin kalopun ada itu bukan dari kelas MotoGP dari era saat ini.

OK, enough space buat jagoan saiah, now back to the topic,
MotoGP musim ini regulasinya juga ga kalah heboh dibanding F1, justru ini lebih gila, sadis dan pointless IMHO. Why ????… Coz its no make any sence. Musim ini mereka menghapus kelas CRT yang baru saja terjadi disejarah MotoGP musim lalu dan menggantinya dengan Open Class, let say it OC. Dengan tujuan membuat race team cost yang lebih murah dan berimbas ramainya tim MotoGP, Dorna selaku pelaksana MotoGP membuat regulasi OC dengan perbedaan adalah disupplynya ECU bagi semua tim dengan ECU resmi dan standar keluaran dari Magneti Marelli, Italia let say it MM.

Sehingga, tim hanya membutuhkan mesin, sasis dan rider serta klengkapan tim lainnya, untuk elektronik sudah disiapkan oleh MM. Gampang kan ???….bukan itu aja, tim OC memiliki keleluasaan bebas dengan mendapat jatah mesin 12 per musim (tahun)…..bayangkan dengan dengan tim pabrikan resmi yang hanya mendapat jatah mesin 5 permusim. Ini belum termasuk di-freeze nya mesin tersebut selama musim race bagi tim pabrikan. Selain itu tim OC mendapat jatah ban dengan kompon yg lebih halus, untuk yg satu in berguna saat kualifikasi dimana tim OC memiliki kesempatan mendapat grid yg baik memulai race. 1lagi kebebasan tim OC adalah mereka mendapat jatah bensin lebih banyak yaitu 24 liter saat race. Bayangkan tim pabrikan cuma dapet 20 L. Itu artinya tm pabrikan harus menghemat pembakaran bensin mereka sambil bijimana caranya tetep ngebut ditrack. BUkan perkara gampang….disini faktor setup elektronik di ECU bermain.

So, musim ini bakal seru banget buat MotoGP dimana pasti ada gengsi antara tim pabrikan yg superior ga mau dikalahin sama tim OC..hahhha, btw, gw ga ngrekap secara detail termasuk Ducati, tim pabrikan resmi yg memutuskan masuk ke OC dan juga konsep perubahan kelas ditengah musim khusus Ducati apabila mereka terbukti menjadi tim kompetitif penantang juara dunia dengan masuknya mereka ke OC…. kalo banyak request….gw bikin posting sndiri soal ini… now i’m back to work….

chiao :*

Penulis: reandrra46

Foto Profil dari reandrra46
prince charming riding a yamaha bike, fast in cornering and late braking

One comment

  1. Foto Profil dari reandrra46

    c’mon guys….ada yg suka nonton balap???…apa ajah…dishare dong

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...