Otomotif / Formula1 / F1 2014 – Season of Rubbish Car

F1 2014 – Season of Rubbish Car

F1 Musim 2014 adalah musim ke 65 dari seri kejuaraan balap Formula1 yang diselenggarakan oleh FIA (Fédération Internationale de l’Automobile) diikuti oleh 11 tim dan 22 pengemudi guna memperebutkan gelar World Driver Championship bagi pembalap dan World Contructors Championship bagi tim.

Musim ini amat spesial bagi para penggemar Formula1, karena pada musim ini 22 mobil dengan penampilan buruk rupa dan tidak enak dipandang seperti vacuum cleaner atau pipa besi penyok raksasa gara gara regulasi aerodinamika akan bertarung menggunakan mesin turbo yang amat dibatasi revnya dan kapasitas mesin yang gak beda sama sedan jalanan biasa. Regulasi FIA yang baru ini mengharuskan nose tip ga lebih tinggi dari 185 mm dengan alasan supaya mobil2 Formula1 lebih aman kalau2 terjadi crash dengan mobil lain ditrack dan hidungnya tidak membahayakan yang lain.

Kerancuan bukan hanya pada tampilan mobil tapi pada regulasi, yaitu dimana seri balap pamungkas mendapat double point. Aturan ini nggak menambahkan daya tarik apapun. kalau saja vettel/newey kembali super dominan seperti season season sebelumnya race terakhir akan tetap berjalan membosankan. Sedang kalau WDC diperoleh dengan memenangi race terakhir ada kesan unfair karena lawan yang sudah bersusah payah mengumpulkan point jadi gagal WDC hanya karena kalah pada race terakhir, padahal upaya untuk tiap race sama saja.. WTF!!!

mau liat jeleknya mobil2 F1 musim 2014 ??… cek pict berikut :

caterham2014

caterham F1 team

ferrari14

Ferrari F14T

force india14

Force India

lotus2014

Lotus Team

mclaren2014

McLaren Mercedes MP29

mercedes2014

Mercedes GP Team

redbull2014

Red Bull Racing RB10

str2014

Torro Roso

williams2014

Williams Team F1

Look at their silly nose??…

joke f1car2014

Itu baru soal estetika…belum soal performance mesin yang (masih) disunat setiap musimnya demi alasan “safety”. Kapasitas mesin musim 2014 menggunakan 1600cc V6 dari yang sebelumnya 2400 cc v8, jauh sangat dikurangi drastis, meskipun pembolehan kembali penggunaan turbo, tapi diyakini bahwa ini tidak akan berpengaruh banyak terhadap performa dari mobil. Konsumsi bahan bakar yang dibatasi, rev yang dibatasi hanya sampai 15.000 rpm hanya demi balapan yang lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

 Banyak kalangan yang menilai pesimistis akan regulasi baru 2014 ini dikarenakan kekhawatiran mulai mundurnya kualitas dari balapan tersebut, sebagai contoh batas bahan bakar yang dibawa 100kg, alih-alih membawa mobil sepanjang race dengan full speed, pembalap akan sangat hati2 melihat posisinya dan dapat menentukan kapan injak full pedal gas dan kapan bermain aman demi  saving fuel dan membawa mobil sampai ke garasi after race tanpa diderek atau ditinggal di pinggir track karena kehabisa fuel seperti yang lumrah dilihat dimusim 2013 lalu.

Saya sendiri sudah tidak sabar menantikan race awal yang berlangsung Maret nanti di sirkuit pembuka Albert Park di Australia. Karena bagaimanapun musim ini akan berjalan seru menurut saya karena regulasi besar2an yang berubah dimusim ini membuat persaingan kembali di titik 0. Dan kita akan lihat apakah desain dari Adrian Newey sang maestro kembali dominan ditangan Sebastia Vettel sang Baby Schumi ??… we’ll see……

Penulis: reandrra46

Foto Profil dari reandrra46
prince charming riding a yamaha bike, fast in cornering and late braking

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...