Otomotif / Lain-lain / Mobil Esemka, Sebuah Cita-Cita Mobil Nasional

Mobil Esemka, Sebuah Cita-Cita Mobil Nasional

Masih ingat dengan mobil Esemka buatan anak negeri?

Mobil yang di produksi di kota Solo ini ternyata sudah lulus uji emisi sehingga sudah bisa diproduksi secara masal. Mobil ini memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 60 persen. Kedepanya nilai TKDN ini akan ditingkatkan mencapai hingga 95 persen secara bertahap.

Angka pemesanan mobil ini cukup tinggi, sampai bulan April 2013 saja jumlahnya sudah mencapai 7000 unit. Sebuah jumlah yang terhitung luar biasa untuk kelas mobil nasional. Pemesanya kebanyakan dari kalangan pemerintahan seperti pejabat publik, Pemerintah kabupaten/kota, Departemen, Militer dan konsumen lainya. Sebut saja Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto sebgai contohnya. Inilah bentuk dukungan yang harus terus dilakukan demi cita-cita mobil nasional berjaya di negeri sendiri. Mobil anak negeri ini dibandrol dengan harga 150 -170 juta per unit.

PT. Solo Manufaktur Kreasi sebagai produsen baru menyediakan dua tipe mobil, yaitu jenis SUV yang dinamai Rajawali dan jenis pick-up yang disebut Bima. Dua tipe ini masih terus dipromosikan di berbagai ajang pameran dalam negeri untuk lebih dekat dengan konsumen.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...