Otomotif / Mobil / Tips Cerdas Mengetahui Usia Ban

Tips Cerdas Mengetahui Usia Ban

Salah satu langkah dalam menjaga keamanan dalam mengemudi adalah memastikan semua komponen siap untuk digunakan dalam berkendara. Mulai dari mesin, bahan bakar, rem, bahkan kondisi ban sekalipun. Untuk kondisi mesin, bahan bakar, dan rem mungkin semua pengguna dan pembaca bisa mengetahuinya. Akan tetapi untuk kondisi ban, tidak semua orang mengetahui apakah ban yang digunakan layak atau tidak.

Kelayakan ban mobil biasanya terlihat dari kondisi ban yang kian menipis. Seringnya digunakan mengaspal membuat ban lama-kelamaan akan terkikis dan rapuh. Hal ini jelas akan memperburuk perjalan para pengendara, khususnya dalam perjalanan jauh.

Selain melihat kondisi ban, kelayakan ban juga harus diukur dengan usia ban. Semakin tua usia ban semakin berkurang juga kelayakan untuk digunakan berkendara. Untuk itulah setidaknya pemilik kendaraan roda empat ini mengganti ban mobilnya paling lama 10 tahun sekali. Bahkan beberapa pabrikan ban justru menganjurkan untuk mengganti ban setiap 6 tahun sekali. Tentunya hal itu dilakukan tanpa melihat kondisi karet ban. Karet ban yang bagus kadang bukan jaminan layak digunakan. Karena walaupun ban tersebut lama disimpan tetap efeknya akan kurang baik jika terhadap kenyamanan berkendara.

Nah untuk itulah perlukiranya kita mengetahui usia ban mobil kita. Mungkin sebagian dari pembaca pasti bingung untuk mengetahui usia ban. Penasaran? Yuk simak baik-baik trik mengetahui usia ban berikut.

tanggal kode

Setiap ban biasanya memiliki kode produksi. Dari kode tersebut pada bagian akhir merupakan minggu dan tahun produksi ban. Seperti contoh, ban dengan kode “DOT DA09 JM1R 3511” yang terdapat empat digit yang ebrarti identitas produksi ban. Angka 35 dari kode tersebut adalah minggu produksi dari ban tersebut, sedangkan 11 adalah tahun dari ban tersebut yaitu 2011. Jadi ban tersebut diproduksi pada minggu ke 35 tahun 2011.

Akan tetapi tidak semua ban memiliki empat digit angka dibagian akhir kode. Beberapa diantaranya justru memiliki 3 digit angka dibagian akhir, contoh “DOT R5HG FHR 304”. Dari kode tersebut dua angka pertama merupakan minggu produksi, yaitu minggu ke 30. Sedangkan angka 4 adalah tahun produksi dengan tahun akhiran 4, seperti 1994, 1984, atau 1974.

Nah, solusinya nih, jika suatu saat akan membeli ban dan menemukan ban dengan usia produksi lebih dari 2 tahun, amak sebaiknya minta ganti ban yang lain. Atau setidaknya minta diskon dari harga normal ban.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...