Otomotif / Tips / Tips Aman mengemudi Mobil Saat Hujan

Tips Aman mengemudi Mobil Saat Hujan

Musim hujan mulai menyapa Indonesia nih. Seperti yang sudah sering terjadi, biasanya hujan datang tanpa permisi. Seperti tiba-tiba hujan deras, atau juhstru hanya mendung tanpa hujan. Hal inilah yang harus diwaspadai bagi pengemudi mobil. Memang secara kondisi, mengemudi mobil lebih nyaman dari pada pengendara motor. Akan tetapi bukan tidak mungkin pengemudi mobil akan aman dari gangguan hujan saat mengemudi. Untuk itulah demi keselamatan mengemudi, kami akan memberikan tips aman mengemudi mobil di saat hujan. Penasaran? Simaklah tips berikut:

1. Periksa kesiapan
Salah satu hal yang paling penting dalam mengemudi mobil adalah periksa kesiapan. Periksalah kesiapan mobil serta kesiapan fisik sebelum melakukan aktivitas perjalanan. Untuk kesiapan mobil bisa meliputi tekanan ban, kondisi ban, rem, kemudi, dan sebagainya. Tekanan ban sangat berpengaruh dalam perjalanan anda, apalagi melewati jalan yang berair akibat hujan. Begitu juga dengan keadaan ban, sebaiknya hindarilah penggunaan ban yang sudah tipis. Yang tidak kalah penting adalah rem dan kemudi, karena dalam keadaan hujan biasanya kemudi dan rem menjadi kurang maksimal.

tips mengendarai mobil

2. Jaga Kecepatan
Dalam melakukan perjalanan dengan mengendarai mobil di saat hujan, maka sebaiknya menjaga kesepatan. Hal ini dikarenakan dalam mengemudi mobil saat hujan dengan kecepatan melebihi rata-rata akan membuat kerja rem kurang maksimal. Selain untuk keselamatan sendiri, menjaga kecepatan juga akan sangat baik untuk keselamatan orang lain.

3. Jaga Jarak
Maksud dari jaga jarak ini adalah ketika sedang mengemudi mobil sebaiknya menjaga jarak, baik jarak dengan mobil lain maupun jarak rem. Menajag jarak dengan mobil lain sangat penting dilakukan. Karena saat hujan turun biasanya pandangan sedikit terganggu. Begitu pula dengan rem yang kadang kurang berjalan dengan baik akibat kondisi jalan yang licin.

4. Nyalakan Lampu
Mengemudi mobil disaat hujan, menyalakan lampu sangat penting. Menyalakan lampu tidak hanya mampu membuat pandangan lebih baik, akan tetapi juga menjadi tanda mengenai keberadaa mobil anda di tengah perjalanan. Jadi dengan melihat lampu maka pengemudi lain akan lebih hati-hati. Selain itu lampu dinilai lebih efektif sebagai tanda saat hujan dibandingkan klakson. Karena suara klakson sering tidak terdengar karena suara hujan.

Itulah beberapa tips aman dalam mengemudi mobil saat hujan. Walaupun sederhana namun semoga bisa membuat keselamatan pembaca lebih terjamin hingga tujuan.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...