Otomotif / Tips / Tips Velg Tetap Kinclong

Tips Velg Tetap Kinclong

ilustrasiTips Velg Tetap Kinclong – Ketika musim hujan tiba, tentu Anda tidak akan mendapatkan kendaraan Anda dalam keadaan bersih. Terlebih lagi untuk velg nya. Namun jangan khawatir ada tips velg tetap kinclong walaupun musim hujan menghampiri.

Memang di awal minggu ini hampir semua wilayah yang ada di DKI Jakarta terendam banjir dikarenakan intensitas curah hujan yang cukup besar. Alhasil tentunya mobil Anda akan melewati genangan-genangan air.

Sehingga keadaan kaki-kaki dari mobil Anda menjadi terliha kusam terlebih lagi velg mobil Anda tidak akan memperlihatkan kilaunya. Untuk mengatasi hal ini, kali ini kita akan berbagi mengenai beberapa tips velg tetap kinclong walaupun banjir dimana-mana.

Cara yang paling utama dilakukan adalah dengan mencucui velg mobil Anda setelah melintasi daerah-daerah yang ada genangan airnya.  Yang perlu Anda ingat adalah, usahakan untuk tidak mencuci mobil Anda ketika mobil baru saja dipakai. Hal ini dikarenakan keadaan dari velg mobil Anda masih hangat sehingga partikel air akan dengan mudah mongering serta dapat meninggalkan noda.

Anda dapat melakukan pencucian pada saat kondisi velg sudah kering dan dingin. Cara mencucinya cukup mudah, Anda dapat memulai dengan membilas permukaan velg dengan menggunakan air yang memiliki kekuatan tinggi. Kemudian basuh dengan menggunakan sabun yang memiliki ph balance, lalu bilas menggunakan air bersih.

Langkah ini dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan debu yang menempel di velg. Jangan lupa pada saat membersihkan bagian dalam dari velg juga ikut dibersihkan dengan tujuan untuk membuang kotoran dengan mengunakan sikat gigi agar kotoran yang mudah untuk dibersihkan.

Apabila velg Anda sudah kering betul, maka Anda dapat menyekanya menggunakan lap chamois (kanebo) sehingga air yang masih menempel menjadi benar-benar kering. Hal ini karena kanebo memiliki daya serap air yang cukup tinggi.

Jika masih kelihatan masih kusam, Anda dapat menggunakan kompon. Usahakan untuk tidak memakai wax yang diperuntukkan body mobil. Hal ini justru akan membuat velg mobil Anda menjadi kusam. Jika Anda menggunakan velg yang memiliki finishing crome, maka sebaiknya Anda menggunakan cairan pelapis yang memang khusus diperuntukkan bagi crome.

Jika velg mobil anda ada yang sudah tergores bahkan ada cat yang sudah mengelupas, sebaiknya kerok permukaan yang mengelupas tersebut kemudian diamplas dengan memiliki ukuran 60 kontur kasar, untuk kemudian dilanjutkan 120, 360, 600 sampai 1500 digunakan secara berurutan.

Apabila pengampelasan sudah selesi, Anda dapat menyemprotkan cat baru yang disesuaikan dengan warna asli dari celg Anda. Kemudian lapisi dengan caira poles logam atau krom sehingga velg Anda akan terlihat menjadi lebih kinclong. Selamat mencobanya…

Penulis: cempluk17

Foto Profil dari cempluk17

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...