Otomotif / Info / Tips Berkendara Ketika Berkabut

Tips Berkendara Ketika Berkabut

Ilustrasi jalanan berkabutTips Berkendara Ketika Berkabut – Tidak dipungkiri memang daerah pegunungan menjadi salah satu tempat favorit ketika liburan tiba. Namun ketika musim hujan tiba, ketika berkunjung di daerah pegunungan kabut akan menjadi musuh Anda saat mengendarai kendaraan pribadi. Kali ini kami akan membahas mengenai tips berkendara ketika berkabut.

Sebagaimana yang diketahui bahwa kabut adalah uap air yag ada di dekat permukaan tanah yang kemudian terkondensasi dan memiliki bentuk seperti awan. Jika kabut tebal menyelimuti daerah tujuan wisata Anda tentu akan mempengaruhi jarak pandang dan jika tidak berhati-hati akan membahayakan keselamatan Anda.

Seperti yang dikutip dari Motorbeam, Senin (3/2/2014), ada 8 tips berkendara ketika berkabut, seperti:

  1. Sebaiknya sebelum melakukan perjalanan, rencanakan terlebih dahulu. Anda dapat memanfaatkan GPS (global positioning system) dengan tujuan untuk membantu memudahkan perjalanan Anda. Sehingga Anda dapat memilih jalur alternatif yang aman.
  2. Anda dapat menggunakan lampu kabut (fog lamp) dimana bertujuan untuk membantu penyinaran dari lampu utama terlebih lagi untuk menerangi bagian bawah yang ada di permukaan jalan. Sehingga visibilitas dari pengemudi dapat terbantu untuk menghindari adanya lubang dan juga jalanan yang rusak.
  3. Sebaiknya hidupkan AC (air conditioning) di mobil Anda. Memang ketika berkabut, suhunya cukup dingin, namun ketika anda menghidupkan AC dapat membantu kaca depan Anda dari embun.
  4. Selalu jaga jarak dengan kendaraan didepan Anda, hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika mobil depan mengerem mendadak.
  5. Jagalah kecepatan, terlebih jika kabut menutupi jalanan maka usahakan untuk jangan berkendara dengan kecepatan tinggi. Karena tentunya visibilitas aka terganggu. Usahakan mengendarai kendaraan dengan kecepatan antara 30-40 kpj.
  6. Carilah tempat yang aman. Karena jika kabut sangat tebal akan mengganggu jarak pandang Anda, dan ada baiknya Anda untuk berhenti mencari tempat yang aman dan jauh dari sisi jalan.
  7. Jangan paksakan diri Anda. Jika kabut sangat tebal dan Anda tetap berkendara akan membuat Anda beresiko.
  8. Selalu konsentrasi tinggi, karena jika melalui jalan berkabut dan lengah sedikit saja maka akan merugikan diri sendiri ataupun untuk orang lain.

Demikian tips berkendara ketika berkabut, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Penulis: cempluk17

Foto Profil dari cempluk17

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...