Otomotif / Info / Memilih Ban Saat Musim Hujan Tiba

Memilih Ban Saat Musim Hujan Tiba

tips memilih banMemilih Ban Saat Musim Hujan Tiba – Dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi beberapa pekan terakhir ini membuat jalanan menjadi licin. Oleh karena itu sebaiknya Anda harus memilih ban yang tepat. Karena tentunya ban yang bagus menjadi faktor keselamatan bagi Anda.

Oleh karena itu bagaimana memilih ban saat musim hujan tiba? DIbawah ini ada beberapa saran dari Section Head Technical Service PT Multistrada Arah Sarana Tbk (produsen ban Achilles dan Corsa), Firdan Mulia terkait pemilihan ban saat musim hujan, seperti:

  1. Pilihlah ban yang memiliki kembangan sejajar
    Usahakan ketika musim hujan, pilihlah ban dengan tipe kembangan direksional atau satu arah. Selain itu tekanan angin juga harus pas. Karena pada dasarnya kembangan yang sejajar bermanfaat untuk memecah adanya genangan air yang ada di jalanan.

Namun jika memang untuk saat ini Anda sudah terlanjur memakai ban dengan kembangan non direktional, maka tak perlu khawatir. Karena pada dasarnya setiap pabrikan ban sudah menguji ban tersebut walaupun tidak terlalu baik pada saat memecah genangan air. Namun untuk ban yang dengan kembangan non diagonal sebaiknya tekanan anginya selalu diperhatikan, jangan terlalu keras dan jangan terlalu lunak. Sesuaikan saja dengan rekomendasi ban yang Anda beli.

  1. Pilihlah ban yang memiliki sertifikasi internasional
    Ban dengan sertifikasi internasional menjadi salah satu pilihan yang tepat disaat berkendara walaupun hujan masih melanda. Karena pada umumnya ban yang memiliki sertifikasi standart internasional
    Untuk wilayah Amerika ban yang berstandarisasi dikenal dengan nama DOT sedangkan yang di Eropa dikenal dengan nama ECE, untuk wilayah Timur Tengah dikenal GULF, dan masih banyak yang lainnya. Sehingga tidak hanya memiliki sertifikasi SNI.
  2. Memiliki kompon medium
    Saat ini memang ada banyak sekali pilihan kompon ban yang telah ditawarkan oleh beberapa produsen ban yang ada di Indonesia. Dimana diantaranya adalah soft kompon, medium kompon, serta hard kompon. Oleh karena itu di musim penghujan ini diharapkan para pengendara dapat menggunakan medium kompon. Alasannya adalah medium kompon ini dapat menggigit aspal yang lebih baik pada saat kondisi jalanan masih masah dikarenakan curah air hujan.

Semoga tips memilih ban saat musim hujan tiba dapat bermanfaat untuk Anda.

Penulis: cempluk17

Foto Profil dari cempluk17

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...