Otomotif / Mobil / Harga Agya dan Ayla Second Bikin Pusing Kepala, Mengapa ?

Harga Agya dan Ayla Second Bikin Pusing Kepala, Mengapa ?

Harga Agya-Ayla Second memang cukup murah mengingat kedua mobil yang diproduksi Toyota serta Daihatsu tersebut merupakan salah satu jenis LCGC (Low cost green Car) atau mobil hemat bahan bakar. bahkan saat diluncurkan pada awal tahun 2013 lalu, banyak kalangan yang meramalkan mobil murah tersebut akan merusak pasar mobil karena harganya yang “keterlaluan”. Toyota Agya serta Daihatsu Ayla memang hanya dibanderol sekitar Rp. 120 jutan untuk harga baru OTR.

Namun dalam kenyataannya setelah hampir 2 tahun mengaspal di jalanan tanah air prediksi beberapa pengamat tersebut meleset. Pasalnya, harga agya dan Ayla second justru membuat pemiliknya menjadi pusing kepala. Mengapa demikian? sebab di pasaran saat ini harga agya dan ayla second jeblok dan pasti membuat miris pemiliknya.

harga agya dan ayla second

Daihatsu Ayla

Dilansir dari berbagai sumber, harga agya dan ayla mengalami penurunan yang cukup signifikan. Untuk harga jual second, keduanya sama sama terpuruk dengan penurunan harga berkisar 10-15%. sedangkan untuk harga beli turun ke angka 15-20%. Dengan angka tersebut jika kita hitung hitungan katakanlah harga baru Toyota Agya yang Anda beli sekitar Rp. 121 juta. Jika Anda berniat menjualnya, maka tinggal kalikan saja 15%x121 juta = Rp 18 jutaan. Itu Artinya harga jual mobil second Toyota Agya hanya sekiatr  Rp 103 juta. Angka yang cukup miris mengingat mobil tersebut merupakan mobil keluaran baru.

Meski terlihat turun signifikan belum diketahui harga mobil LCGC lain seperti Karimun Wagon R, atau Honda Brio. Sebab masih jarang ditemui di pasaran untuk kedua merk terakhir.  Maklum saja untuk Wagon R dan Honda Brio masih tergolong pendatang baru. sedangkan Agya dan Ayla sendiri merupakan pionir di Indonesia dalam perkembangan LCGC (mobil murah hemat bahan bakar). Wajar jika di pasar mobil second baru dua nama tersebut yang menghiasi lapak, itu juga belum seberapa banyak. banyak faktor yang menyebabkan mengapa harga agya dan ayla second sangat jatuh, namun beberapa pengamat otomotif belum mau menyimpulkan atau berspekulasi penyebab pastinya, yang jelas saat ini masih banyak orang yang lebih berminat membeli mobil berjenis MPV. Apalagi saat ini sudah beredar bahwa akan ada mbil MPV murah yang akan segera diluncurkan.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Hai, Saya seorang penulis junior yang sedang ingin berkembang, kritik dan saran dari anda adalah pacuan saya untuk lebih baik.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...