Otomotif / Info / Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas (Overheat)

Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas (Overheat)

Mengatasi mesin motor cepat panas – Apakah motor Anda sering mengalami over head ? baru berjalan beberapa saat saja bagian mesin sudah terasa panas serta tercium bau sangit ? kondisi semacam itu dinamakan overheat. Selain berpotensi membuat motor kehilangan tenaga, over head juga membawa resiko kebakaran. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

mengatasi mesin motor cepat panas

Ilustrasi: Mesin motor pans dan berasap

Overheat sebenarnya sudah menjadi perhatian yang cukup serius oleh pabrikan motor. Oleh sebab itu untuk seri keluaran terbaru terutama kendaraan roda empat sudah terdapat indikator yang menunjukkan bahwa mobil dalam kondisi overheat. nah kali ini blogekstra akan berbagi sebuah tips cara mengatasi mesin motor cepat panas (Overheat)

Ganti Oli secara teratur
Oli memegang peranan penting dalam sistem otomotif. Fungsinya adalah sebagai pelumas untuk memperkecil gaya gesekan antar komponen yang berpotensi menyebabkan Aus/kerusakan. selain itu oli juga berfungsi untuk mendinginkan komponen mesin saat bekerja. Oleh sebab itu gantilah oli secara teratur sesuai dengan km yang telah ditempuh.

Pilih dan gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin.
Selain penggantian oli yang harus teratur, pemilihan serta penggunaan oli yang tepat juga akan mempengaruhi endurance mesin. Sebaiknya sesuaikan jenis oli dengan gaya berkendara Anda. Pilihlah juga oli yang memiliki viskositas 10w40, sebab oli jenis tersebut lebih cepat melepas panas dibanding dengan SAE 20w50

Periksa distribusi oli
Karena oli berfungsi untuk melumasi bagian bagian dalam mesin, maka pastikan oli dapat terdistribusi dengan baik.

Atur kerapatan piston
Posisi piston dalam silinder yang terlalu rapat akan membuat seher dan piston tak bisa bergerak secara leluasa. Sehingga dapat menyebabkan mesin menjadi cepat panas, selain itu, piston juga akan berpotensi merusak blok mesin.

Bersihkan radiator secara teratur
Rajin rajinlah membersihkan radiator jika motor Anda menggunakan pendingin udara. Sedang bagi motor dengan pendingin cairan, periksa secara teratur dan ganti cairan coolant jika sudah satu tahun.

Tambahkan kipas pada radiator
Usia motor yang semkin tua membuat potensi obverheat pada motor semakin besar. Oleh sebab itu ada baiknya menambahkan pendingin kipas pada radiator. posisinya bisa di depan atau di belakang.

Bersihkan sirip dan kepala silinder
Sirip pada silinder berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas. Sehingga segera bersihkan apabila silinder dalam kondisi kotor karena akan menghambat pelepasan panas yang dihasilkan oleh mesin.

Gunakan busi bertipe racing
Busi bertipe racing merupakan busi yang memiliki tipe dingin. Sangat bagus untuk digunakan harganya berkisar rp. 50.000

Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi mesin motor cepat panas. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sering bepergian menggunakan motor.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Hai, Saya seorang penulis junior yang sedang ingin berkembang, kritik dan saran dari anda adalah pacuan saya untuk lebih baik.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...