Otomotif / Tips / Tips Merawat Ban Agar Awet Dan Aman Digunakan

Tips Merawat Ban Agar Awet Dan Aman Digunakan

Tips Merawat Ban- Ban pada sebuah kendaraan memiliki peran yang sangat vital. Banyak kasus kecelakaan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh ban yang tidak sesuai dengan standar. Contoh sederhana misalnya ban yang sudah aus “gundul” akan beresiko terpeleset / jatuh jika tidak segera diganti. Namun sayangnya sebagian pemiliki kendaraan tidak terlalu peduli dengan ban yang terpasang pada kendaraanya. Bahkan ada yang menggantinya dengan ban “siletan” atau ada juga yang memilih ban kanisiran. Alasan utamanya karena faktor harga yang jauh lebih murah. Namun cobalah fikirkan kembali apakah sebanding dengan keselamatan diri anda ?

Merawat-Ban

Merawat-Ban

Merawat ban kendaraan sebenarnya wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Selain ban lebih awet juga memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Cukup mudah kok, berikut ulasan yang kami berikan hanya untuk pembaca setia Blogekstra.

Cara Merawat Ban Kendaraan:

  1. Pilihlah ban sesuai kondisi lingukungan Sebelum membeli ban, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis atau tipe ban agar nantinya bisa sesuai dengan kondisi jalan yang biasa dilalui. Setidaknya ada 3 tipe ban yang beredar dipasaran saat ini. Pertama ban tipe Highway Terrain (HT). Tipe ban ini cocok bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan yang notabene jalanananya sudah aspal semua. Ban ini mempunyai daya cengkram lebih ketika bersentuhan dengan jalan beraspal. Kedua adalah ban tipe AT atau All Terrain. Ban ini mempunyai kelebihan bisa dipakai disegala medan. Dan terakhir adalah ban tipe MT (Mud Terrain). Ban yang satu ini mempunyai ketebalan yang lebih dibanding 2 tipe sebelumnya sehingga lebih cocok digunakan di jalan tanah atau jalan berbatu.
  2. Selalu periksa tekanan Ban Sebelum anda menggunakan kendaraan, cek terlebih dahulu tekanan banya. Kondisi ban yang kempes akan rawan bocor dan juga mengakibatkan keausan yang tidak merata. Tekanan standar pada sebuah ban adalah 30 psi.
  3. Beban kendaraan jangan berlebihan Hal ini cukup sering dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Tak jarang dijumpai beberapa pemilik sepeda motor menggunakannya untuk mengangkut barang-barang berat. Hal ini tentu berdampak negatif pada ban.
  4. Jangan mengerem mendadak Ketika anda mengerem mendadak maka ban akan terkunci sesaat dan mengakibatkan ban terseret. Gesekan antara ban dan jalan tentu akan mempercepat keausan.
  5. Cek kondisi bearing roda Bearing atau laher pada roda yang sudah kocak akan berdampak pada ban. Hal ini mengakibatkan keausan yang tidak merata pada ban. Pada sepeda motor pemerikasaan bearing roda bisa dilakukan dengan menggoyangkan roda kekiri dan kekanan. Jika kocak, berarti bearing tersebut harus diganti.

Setidaknya ada 5 hal tadi yang harus dilakukan agar ban tetap awet dan lebih aman untuk digunakan. Semoga informasi ini bisa berguna untuk anda pembaca setia Blokgekstra.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...