Otomotif / Tips / Tips Membeli Kendaraan baru

Tips Membeli Kendaraan baru

Ketika anda mau membeli sepeda motor baru, apasih yang anda perhatikan? Apakah hanya dari desain alias tampilanya,dari warnanya, dari harganya atau hanya dari mereknya saja?  Tentu anda memiliki pertimbangan sendiri untuk memilih kendaraan baru. Akan tetapi ada satu hal yang sering tidak diperhatikan oleh para calon pembeli dalam membeli kendaraan baru. Sering kali konsumen hanya tertarik pada tampilan luarnya saja tanpa melihat spesifikasi kendaraan. Ya, para calon pembeli tersebut tidak menyesuaikan kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan letak geografis lingkungan tempat mereka tinggal.

dealer-layout

Sebelum membeli kendaraan baru, alangkah baiknya anda mengenali karakteristik dari kendaraan tersebut. Setiap kendaraan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sebagai contoh ada sepeda motor yang memiliki kapasitas silinder besar namun tidak kuat untuk melintasi jalan yang menanjak. Sering kali para pemilik kendaraan mengklaim kendaraan tersebut jeleklah, tidak kuatlah dan lainya. Padahal kendaraan tersebut memang di desain untuk area didalam kota. Jadi sebelum membeli kendaraan baru, perhatikan dulu spesifikasi dari kendaraan yang akan dibeli. Jika lingkungan anda berada di wilayah pegunungan atau terdapat banyak tanjakan pilihlah kendaraan dengan mesin  tipe long stroke. Yang dimaksud long stroke adalah kendaraan yang memiliki mesin dengan langkah piston lebih panjang dari diameter pistonya. Mesin dengan tipe demikian akan lebih kuat untuk tanjakan. Namun jika anda berada di wilayah perkotaan bisa memilih kendaraan dengan mesin tipe square yakni diameter piston dan langkah piston sama panjangnya. Atau jika menginginkan kendaraan yang memiliki kecepatan tinggi pilihlah mesin tipe oversquare yakni diameter piston lebih panjang daripada langkahnya. Selain dari engine, gear ratio juga berperan penting dalam kendaraan. Jika anda berada diwilayah pegunungan yang notabene banyak terdapat tanjakan-tanjakan terjal sebaiknya pilihlah kendaraan yang memiliki gear ratio besar.

Frekuensi gambaran sistem kerja bore x stroke

Jadi dengan melihat spesifikasi kendaraan terlebih dahulu, anda bisa menyesuaikan kendaraan yang akan dibeli dengan kondisi geografis dan kebutuhan. Memilih tampilan kendaraan yang sesuai selera boleh-boleh saja tetapi jangan sampai meninggalkan hal pokok seperti yang saya tuliskan diatas.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...