Otomotif / Motor / Spesifikasi Yamaha FZ1, Motor Paspampres Pengawal Jokowi

Spesifikasi Yamaha FZ1, Motor Paspampres Pengawal Jokowi

Ada yang berbeda saat ini dari Presiden terpilih Jokowi saat “blusukan”. Saat menjabat sebagai Gubernur mantan wali kota solo ini biasa “blusukan” kemana-mana tanpa pengawalan yang ketat. Namun kini setelah menjabat sebagai Presiden, Jokowi selalu ditemani oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) kemanapun ia pergi. Nah yang cukup menarik perhatian adalah beberapa personel Paspampres yang menggunakan Moge alias motor gede. Belakangan ini diketahui Moge tersebut adalah Yamaha FZ1. Penasaran dengan harga dan spesifikasi Yamaha FZ1 ini? berikut ulasanya

spesifikasi-yamaha-fz1-paspampres

Dari informasi yang kami peroleh, spesifikasi Yamaha FZ1 ini ternyata sangat tangguh. Moge berlambang garpu tala tersebut ditenagai oleh mesin 1 liter. Salah satu kelebihanya adalah pada kedua suspensi (depan dan belakang) yang bisa diatur sesuai keinginan. Dengan desain yang sporty dan gagah, moge ini mencerminkan sang petarung sejati. Untuk spesifikasi lebih lanjutnya bisa dilihat dibawah ini.

Engine
Yamaha FZ1 dibekali dapur pacu yang sangat bertenaga yakni 998 cc atau dibulatkan menjadi 1000 cc. Mesin ini berjenis over squar dengan diamter piston (bore) 77 mm dan panjang langkah (stroke) 53,6 mm. Untuk bahan bakarnya tentu saja lebih cocok menggunakan pertamax mengingat perbandingan kompresinya yang tinggi yakni 11,5 : 1. Mesin tersebut terdiri dari  silinder dengan teknologi DOHC (Double Overhead Camsaft) yang dilengkapi katup berjumlah 20. Dengan kapasitas yang besar tentu mengandalkan sistem pendinginan cairan. Nah Moge ini juga sudah mengaplikasikan teknologi Fuel Injection sebagai pemasok bahan bakarnya.

Sistem Pengapian dan Transmisi
Sistem pengapian yang digunakan pada Yamaha FZ1 adalah berjenis TCI atau Transistor Controlled Ignition yang dikontrol oleh ECU 32-bit. Sedangkan transmisinya mengandalkan transmisi manual 6 percepatan. Jenis kopling yang digunakan adalah kopling basah.

Chasis
Untuk suspensi depan memiliki diameter 43 mm yang bisa disetel sesuai keinginan sedangkan suspensi belekang berjenis mono shock. Dengan tenaga Yamaha FZ1 yang super besar, tentu saja harus didukung pengereman yang seimbang. Pada rem depan dibekali rem cakram dengan dual disc berdiameter 320 mm. Sementara itu di rem belakang menggunakan rem cakram single disc berdiameter 245 mm. Yamaha FZ1 dibekali ban depan berukuran 120/70-ZR17 sedangkan belakang berukuran 190/50-ZR17.

Nah itulah tadi spesifikasi Yamaha FZ1, motor milik paspampres pengawal jokowi. Apakah anda juga tertarik untuk memilikinya? Siap-siap saja kantong anda akan terkuras habis. Pasalnya harga Yamaha FZ1 adalah 9,799 poundsterling atau sekitar Rp 165 juta.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...