Otomotif / Opini / Solusi Mengatasi Kemacetan Yang Terjadi Selama Ini

Solusi Mengatasi Kemacetan Yang Terjadi Selama Ini

Macet adalah kata yang menggambarkan kondisi di kota-kota besar di Indonesia terutama di Jakarta saat ini. Jika selama ini Jakarta adalah kota yang selalu di hubungkan dengan kemacetan, Jakarta = macet, maka sekarang masalah kemacetan sudah merambah ke kota besar lainya seperti di Yogyakarta, bahkan kota-kota satelit akan tertular penyakit ini juka tidak segera ditemukan solusi mengatasi memacetan. Ketika sudah memasuki jam pulang kerja ribuan kendaraan dari berbagai jenis memadati setiap ruas jalan. Fenomena ini tak lepas dari banyakanya kendaraan yang masuk ke pasaran setiap harinya. Jika hal ini dibiarkan mungkin beberapa tahun kedepan kondisi yang ada di Jakarta saat ini akan terjadi juga di kota-kota lainya.

kemacetan

Untuk mengatasi masalah kemacetan ini, tentu diperlukan solusi yang tepat. Beberapa cara untuk mengatasi kemacetan yang selama ini belum juga teratasi adalah sebagai berikut:

  1. Sadar dari diri sendiri
    Yang dimaksudkan disini adalah sadar untuk lebih mengutamakan transportasi massal dari pada kendaraan pribadi. Penggunaan   transportasi massal  saya rasa adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi kemacetan
  2. Tersedianya Transportasi Massal Yang Memadai
    Apapun jenis transportasi massalnya asalkan memiliki fasilitas yang memadai saya kira akan lebih menarik para penumpang. Yang terjadi selama inikan transportasi massal yang ada tidak memiliki fasilitas yang memadai sehingga penumpang tidak merasa nyaman. Beberapa kasus pelecehan yang terjadi juga membuat masyarakat berfikir dua kali untuk memilih menggunakan transportasi massal.
  3. Kebijakan Pemerintah
    Peran pemerintah dalam mengatasi kemacetan juga sangat diperlukan. Jumlah kendaraan yang semakin lama semakin meningkat juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan. Oleh karena itu diperlukan sebuah kebijakan untuk mengatur jumlah kendaraan. Di China misalnya yang membatasi pemberian perizinan STNK bagi mobil-mobil baru. Atau di Singapura yang membatasi usia kendaraan hanya 5 tahun. Sedangkan di Indonesia hingga saat ini belum ada sebuah kebijakan yang mengatur tentang jumlah kendaraan yang masuk ke pasaran.

Nah itulah tadi beberapa solusi untuk mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi. Dengan lebih mengutamakan transportasi massal dan adanya kebijakan unuk pembatasan kendaraan maka akan menekan populasi kendaraan yang memenuhi jalanan. Saya hanya berharap semoga masalah kemacetan ini segera teratasi.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...