Otomotif / Motor / Masih Ragu Membeli Motor Injeksi? Simak Ulasanya Berikut

Masih Ragu Membeli Motor Injeksi? Simak Ulasanya Berikut

Sebagian besar motor yang beredar saat ini sudah menggunakan sistem injeksi pada sistem bahan bakarnya. Jika pada sistem karburator bahan bakar masuk ke silinder berdasarkan kevakuman akibat gerakan piston, maka pada motor injeksi ini bahan bakar disemprotkan ke ruang silinder dengan pompa bahan bakar yang jumlahnya diatur oleh ECU berdasarkan sensor-sensor. Dengan pompa bahan bakar yang bertekanan tinggi, memungkinkan bahan bakar yang disemprotkan lebih halus sehingga kualitas pembakaran akan lebih sempurna. Akan tetapi beberapa kalangan masih ragu untuk membeli sebuah motor dengan sistem injeksi. Tidak semua bengkel yang bisa melakukan service pada motor dengan sistem injeksi adalah alasan utamanya. Selain itu kurangnya pemahaman dari konsumen pada sistem injeksi ini juga bisa menjadi salah satu alasanya. Padahal kalau kita cermati, perawatan pada motor dengan sistem injeksi ini lebih mudah jika dibandingkan dengan sistem karburator.

motor injeksi

Pada sistem karburator service biasanya dilakukan dengan membersihkan main jet,  slow jet dan juga saluran-saluran didalam karburator. Jika komponen tersebut tersumbat oleh kotoran tentu akan berpengaruh pada kinerja mesin. Berbeda dengan mesin injeksi, karena pada sistem ini bekerja dengan sensor-sensor yang kemudian terhubung oleh ECU (Elektronik Control Unit). Sehingga service biasanya hanya dilakukan dengan pengecekan dengan sebuah alat khusus bernama FI Diagnostic Tools. Sebenarnya pada setiap motor dengan sistem injeksi sudah dilengakapi dengan lampu indikator yang akan memberi tanda jika terjadi kerusakan pada salah satu komponennya. Lampu tersebut akan berkedip sesuai dengan kode kerusakan yang terjadi.

Sebuah teknologi hadir tentunya melengkapi atau menyempurnakan dari teknologi yang lama. Begitu juga dengan sistem injeksi pada motor yang hadir untuk menyempurnakan dari teknologi karburator dengan cara injeksi bahan bakar ke ruang bakar. Nah,berikut ini adalah beberapa keunggulan dari sistem injeksi dibanding dengan sistem karburator.

  1. Pembakaran lebih sempurna
    Dengan menggunakan pompa bahan bakar, maka bahan bakar yang disemprotkan akan lebih halus. Karena butiran-butiran bahan bakar lebih kecil sehingga membuat bahan bakar cepat terbakar. Kita bisa anologikan pada gula pasir dan gula merah, gula pasir yang mempunyai butiran-butiran yang lebih halus akan cepat larut di dalam air dibandingkan gula merah. Hal serupa juga terjadi pada bahan bakar, dengan waktu pembakaran yang lebih cepat maka pembakaran akan lebih sempurna.
  2. Bahan bakar lebih irit
    Karena pembakaran lebih sempurna otomatis berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang lebih irit. Jadi tak heran jika dijumpai motor injeksi dengan kapasitas silinder (CC)  yang lebih besar akan lebih irit dengan motor dengan sistem karburator.
  3. Emisi Gas Buang Berkurang
    Tak hanya lebih irit dengan pembakaran yang lebih sempurna akan menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit salah satunya adalah HC. HC atau Hydro Carbon adalah emisi gas buang yang  dihasilkan dari bahan bakar yang belum sempat terbakar didalam silinder. Sehingga jika pembakaran lebih sempurna secara otomatis jumlah HC juga akan berkurang.

Nah, gimana masih ragu untuk membeli motor injeksi? Apapun itu pilihan ditangan anda, namun jadilah konsumen yang cerdas.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...