Otomotif / Motor / Pilih Vario 125 Atau GT 125? Berikut Perbandinganya

Pilih Vario 125 Atau GT 125? Berikut Perbandinganya

Pada awal tahun 2014 ini Yamaha meluncurkan motor terbaruya dikelas matic 125 cc yaitu Yamaha GT 125 eagle eye. Kehadiranya nampaknya memang dimaksudkan untuk menantang sang penguasa yaitu Vario 125. Dengan spesifikasi yang  mumpuni, Yamaha mencoba menggoyahkan penjualan Honda Vario 125 yang menembus kisaran 90 ribu unit setiap bulan. New-GT125-Eagle-Eye-Black-Hitam

Anda bingung mau pilih Vario 125 atau GT 125 ? Tenang saja Blogekstra akan memberikan gambaran dari keduanya. Dibawah ini kami akan berikan perbandingan antara Honda Vario 125 ISS dengan Yamaha GT 125 eagle eye  dari berbagai aspek seperti desain, mesin, teknologi, konsumsi bahan bakar serta harga. Oke gak usah panjang lebar langsung saja kita mulai dari yang pertama.

Desain
Yamaha GT 125 diklaim sebagai matic kasta tertinggi di Yamaha. Hal tersebut memang tidak berlebihan, jika kita lihat dari tampilan luarnya terkesan gagah namun tetap elegan. Desain lampu utamanya yang terlihat seperti mata elang semakin terlihat futuristik. Namun body yang gagah haya ditopang dengan ban berukuran 70/90-14 untuk depan dan 80/90-14 untuk belakang. Dengan dimensi panjang x lebar x tinggi= 1.855 x 700 x 1.070 memiliki berat yang cukup ringan yakni 101 Kg.

Honda Vario 125 ISS memiliki desain dengan garis garis serba meruncing. Untuk perbandingan keduanya tentu setiap orang memiliki pandangan sendiri-sendiri. Yang jelas kalau di sektor kaki Honda Vario 125 terlihat lebih proporsional dengan ukuran ban 80/90-14 untuk ban depan dan 90/90-14 untuk ban belakang. Hanya saja motor ini lebih berat terpaut 11Kg. Tapi hal ini tentu tidak menjadi masalah bagi anda yang bertubuh kekar.

Mesin
Di sektor dapur pacu memang sangat menarik untuk diulas. Yamaha GT 125 lebih unggul dengan adanya forged piston dan diasil silinder. Selain kuat dan ringan forged piston tidak gampang berubah akibat perubahan suhu. Jadi ketika panas cleareance antara piston dengan dinding silinder tetap terjaga. Tentu hal ini tidak ditemukan pada piston biasa yang cenderung rapat (celah antara piston dan dinding silinder) ketika panas akibat pemuaian. Selain itu di sistem bahan bakar GT 125 dinilai lebih unggul dengan YMJet FI. Teknologi injeksi ini mampu menyemprotkan bahan bakar dengan partikel yang lebih kecil sehingga pembakaran akan lebih sempurna. Namun tangki bahan bakar yang dimiliki GT 125 lebih kecil 1,7 liter dibanding miliki Vario 125 yang memiliki kapasitas 5,5 liter.

Fitur
Yamaha GT 125 dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan seperti smart lock system, smart stand switch, dan smart key shuter. Volume bagasi yang luas membuat anda bisa menyimpan helm didalamnya.

Sementara itu Vario 125 memiliki sejumlah fitur yang tidak dimiliki Yamaha GT 125. Teknologi ACG starter (starter dengan menggunakan generator) mampu menghasilkan proses starter yang halus. Hal ini dikarenakan tidak adanya pergesekan antar gigi seperti pada starter konvensional. Adanya fitur CBS (comby brake system) memungkinkan setiap pengendara bisa mengerem roda depan dan belakang secara bersamaan hanya dengan menekan satu tuas. Dan satu lagi fitur pada vario 125 yang tidak dimiliki Yamaha GT bahkan motor motor lainya yakni teknologi ISS atau Idling Stop System. Dengan adanya fitur ini maka ketika motor berhenti selama 3 detik mesin akan mati sehingga lebih irit BBM. Sementara untuk menghidupkanya kembali cukup dengan memutar handle gas.

Konsumsi Bahan Bakar
Untuk masalah konsumsi bahan bakar Yamaha GT 125 diklaim lebih irit dari kompetitornya. Pada kecepatan rendah (30 Km/jam) GT 125 mampu menempuh jarak 14,72 Km/liter sedang vario 125 hanya 14,43 Km/liter saja. Pada kecepatan menengah (40 Km/jam) selisih keduanya cukup jauh GT 125 mencatatkan hasil mencapai 78,98 Km/liter sedangkan kompetitornya hanya 39,3 Km/liter. Namun pada kecepatan 60 Km/jam Vario 125 ISS lebih unggul yakni 79,37 Km/liter sedangkan GT125 terpaut sedikit dibawahnya yakni 78,59 Km/liter.

Harga
Yamaha GT 125 eagle eye dibanderol dengan harga RP 15,9 juta sedangkan Vario 125 ISS lebih mahal yakni Rp 16,5 juta.

Nah setelah melihat perbandingan antara Yamahan GT 125 eagle eye dan Honda Vario 125 ISS diatas, silahkan anda tarik kesimpulan sendiri mana yang akan anda pilih. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, untuk itu silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

One comment

  1. Itu komparasi ВВM gak salah itu bro… Hahaahaa.. Ngaco ente!!

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...