Otomotif / Mobil / Komparasi Antara Suzuki Ertiga Dan Honda Mobilio

Komparasi Antara Suzuki Ertiga Dan Honda Mobilio

Di awal tahun 2014 ini dua pabrikan asal jepang yakni Suzuki dan Honda sama-sama memperkenalkan produk terbarunya. Honda lebih awal memperkenalkan Honda Mobilio pada bulan januari, kemudian disusul oleh Suzuki dengan Suzuki Ertiga Sporty satu bulan kemudian. Kedua produk ini diprediksi akan saling beradu untuk merebut hati konsumen dibawah bayang-bayang sang raja Low MPV Toyota Avanza. Cukup menarik memang membahas segala sisi dari kedua produk tersebut. Untuk itu Blogekstra akan sedikit memberikan perbandingan dari keduanya.

3-Komparasi-Honda-Mobilio-dengan-Suzuki-Ertiga

Perbandingan Suzuki Ertiga Dengan Honda Mobilio

Mesin

Untuk sisi dapur pacu, nampaknya Suzuki tidak mengubah sedikitpun dari versi lamanya. Suzuki ertiga ini menggunakan mesin berkapasitas 1.473 cc DOHC, berteknologi VVT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 PS/ 6000 rpm dan torsi maksimum sebesar 130Nm/ 4000 rpm. Sedangkan Honda Mobilio sedikit lebih unggul dengan mesin berkapasitas 1.500 cc SOHC, i-VTEC. Karena kapasitas silindernya lebih besar maka tenaga yang dihasilkan juga lebih besar yakni sebesar 118 PS.

Ground Clearance

Honda mobilio memiliki Ground Clearance setinggi 18,9 mm, sedangkan Suzuki Ertiga hanya beda tipis yakni 18, 5 mm.

Konsumsi Bahan Bakar

Sektor inilah yang biasa dibandingkan oleh para calon pembeli. Dari data yang kami dapatkan meskipun memiliki kapasitas silinder yang lebih besar, ternyata Honda Mobilio lebih irit dibanding Suzuki Ertiga. Pada kecepatan konstan 100 Km/jam, Honda Mobilio mampu menempuh jarak sepanjang 20,5 Km untuk 1 liter bensin. Sedangkan Suzuki Ertiga hanya menempuh 19 Km saja untuk 1 liter bensin.

Kenyamanan Berkendara

Jika dibandingkan keduanya menurut kami, Suzuki Ertiga lebih nyaman karena memiliki jok yang sangat nyaman. Untuk bahan yang digunakan dari keduanya sebenarnya sama, akan tetapi Jok pada Suzuki Ertiga lebih tebal. Hal ini tentu sangat menguntungkan jika digunakan untuk perjalanan jauh.

Panjang Mobil

Melihat spesifikasi dari keduanya, ternyata Honda Mobilio memiliki ukuran yang lebih panjang terpaut 121 mm. Suzuki Ertiga memiliki panjang 4265 mm.

Teknologi Keamanan

Baik Honda Mobilio maupun Suzuki Ertiga keduanya didukung oleh teknogi EBD, ABS dan Dual Air Bag. Yang membedakan adalah pada Honda Mobilio memiliki  G-CON + ACE TM, sedangkan pada Suzuki Ertiga memiliki Side Impact Beam.

Layanan After Sales

Suzuki memiliki Layanan After Sales banyak dan tersebar disetiap daerah. Honda sebenarnya juga memiliki Layanan After Sales yang banyak namun tidak sebanyak Suzuki.

Harga

Tentu ini menjadi faktor yang sangat penting bagi para calon pembeli. Nah Honda Mobilio ini dibanderol dengan harga Rp 160 juta pada versi terendahnya dan Rp 198 juta pada versi tertinggi. Sedangkan Suzuki Ertiga Sporty dijual dengan harga Rp 191 juta untuk yang menggunakan transmisi otomatis dan Rp 180 juta untuk yang menggunakan transmisi manual.

Nah demikian tadilah perbandingan antara Suzuki Ertiga Sporty dan Honda Mobilio. Kini anda sudah tidak bimbang lagi bukan untuk memilih diantara keduanya?

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

One comment

  1. Foto Profil dari FIRMAN

    ada sedikit korek si gan… power ertiga 95 ps/6000 rpm… :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...