Otomotif / teknologi / Kenali Cara Kerja CVT Berikut Ini

Kenali Cara Kerja CVT Berikut Ini

CVT atau Continuous Variable Transmision adalah transmisi yang berubah secara terus menerus tergantung dari kecepatan mesin. Tidak seperti pada transmisi manual yang menggunakan gigi untuk perpindahan kecepatan, di CVT ini hanya terdapat dua buah pulley yang dihubungkan menggunakan sebuah Belt. Secara prinsip CVT ini mirip dengan sepeda yang memiliki beberapa kecepatan, dan dapat dipindahkan secara manual dengan memutar pengatur kecepatan di setang kemudi. Ketika gigi depan dipindah ke yang lebih besar maka sepeda akan terasa lebih berat namun lebih cepat. Sedangkan jika gigi belakang dipindah ke gigi yang lebih besar maka akan terasa lebih ringan namun kecepatan berkurang. Hal yang sama juga dapat ditemui pada CVT yang menggunakan dua buah pulley yang dapat mengembang dan mengecil secara otomatis tergantung dari kecepatan mesin. Satu pulley berhubungan dengan putaran mesin sedangkan pulley yang satu berhubungan dengan roda. Lalu bagaimana hal tersebut bisa terjadi secara otomatis? Simak ulasan berikut ini

cvt

cvt

Cara kerja dari CVT atau Continuous Variable Transmision ini mengandalkan gaya sentrifugal pada pulley depan sedangkan pada pulley belakang mengandalkan gaya pegas. Jika dilihat secara seksama maka pulley tersebut terdiri dari dua buah pulley (satu pulley tetap dan satu pulley bergerak) yang saling mengerucut. Pada pulley depan (yang berhubungan dengan putaran mesin) terdapat beberapa roller yang berfungsi sebagai pemberat. Ketika putaran rendah maka pulley depan akan memiliki ukuran besar dan pulley belakang mengecil. Namun ketika putaran tinggi maka pada pulley depan terdapat gaya sentrifugal sehingga pulley bergerak akan menjauhi pulley tetap yang mengakibatkan lingkaranya mengecil. Sedangkan pada pulley belakang akan membesar akibat gaya pegas. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.

cara kerja cvt

cara kerja cvt

Besar kecilnya pulley tersebut tidak bisa ditentukan tergantung dari putaran mesin itu sendiri. Jadi pada CVT ini memiliki tingkat kecepatan yang tak terbatas. Pengoperasianyapun jauh lebih halus, namun kalau masalah akselerasi transmini manual tentu lebih unggul. Demikianlah cara kerja dari CVT yang diterapkan pada motor mobil matic anda. Jika masih belum jelas mungkin video cara kerja CVT berikut ini bisa membantu pemahaman anda.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...