Otomotif / Mobil / Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Matic Dan Manual

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Matic Dan Manual

Apasih kelebihan dan kekurangan mobil matic dan manual ? Pilih mobil matic atau manual ? Mungkin itu pertanyaan yang terlontar ketika hendak akan membeli mobil baru. Hampir semua merek dan tipe (meski tidak semuanya) mobil saat ini mempunyai 2 versi yakni dengan transmisi manual dan transmisi otomatis (matic). Jika ditanya siapa yang lebih unggul diantara keduanya, mungkin jawabanya tidak ada karena semua tergantung dari kebutuhan.

kelebihan dan kekurangan mobil matic

Jika anda masih bingung untuk memilih antara mobil matic dan mobil dengan transmisi manual, tim blogekstra bagian otomotif akan memberikan kelebihan dan kekurangan mobil matic dan manual. Simak ulasanya berikut ini.

Kelebihan Mobil Matic
Dengan mengendarai mobil matic, maka anda tidak mudah capek / lelah karena hanya memainkan gas dan rem saja tidak seperti pada transmisi manual. Ketika terjadi kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta, mobil matic tentunya bisa diandalkan. Dengan demikian anda akan lebih nyaman dan mudah dalam mengendarai mobil. Selain itu mobil matic rata-rata memiliki nilai jual kembali lebih baik.

Kekurangan Mobil Matic
Meski memiliki sejumlah kelebihan, mobil matic juga tak lepas dari bebereapa kekurangan. Jika dibandingkan dengan transmisi manual, mobil matic memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Selain itu para pemilik juga harus rajin melakukan perawatan, karena jika terjadi kerusakan biaya yang dikeluarkan relatif lebih mahal. Dampak lainya jika kampas rem sudah tipis, akan sangat berbahaya karena mobil matic tidak memiliki engine brake. Mobil matic jua memiliki kekurangan akselerasi yang kurang apalagi untuk jalan yang menanjak. Jadi jika daerah anda dipegunungan tidak disarankan untuk membeli mobil matic.

Kelebihan Mobil Transmisi Manual
Mobil dengan transmisi jenis ini tentu memiliki akselerasi yang jauh lebih baik, sehingga sangat cocok untuk jalan yang naik-turun. Dibanding transmisi otomatis, mobil dengan transmisi manual lebih irit bahan bakar. Karena perpindahan gigi ini dilakukan secara manual, maka pengemudi lebih bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan.

Kekurangan Mobil Dengan Transmisi Manual
Bagi para pemula, mengemudikan mobil dengan transmisi manual lebih susah karena harus mengoperasikan kopling, gas, rem serta tuas perpindahan gigi. Sangat tidak nyaman dijalankan di perkotaan yang sering terjadi kemacetan.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan mobil matic dan manual. Bagi anda pemula dalam mengendalikan mobil. mungkin lebih cocok untuk memilih mobil matic karena mudah dikemudikan, praktis dan nyaman. Namun semua itu kami kembalikan lagi kepada kebutuhan anda.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...