Otomotif / teknologi / Inilah Rahasia Kenapa Yamaha R25 Memiliki Power Besar

Inilah Rahasia Kenapa Yamaha R25 Memiliki Power Besar

Yamaha R25 tak hanya dibekali tampilan yang keren, tapi juga performa yang sangat memuakan. Maka tak heran dalam inden online yang dilakukan Yamaha, mampu menjaring ribuan konsumen dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan power Yamaha R25 diklaim lebih besar dari para competitor lainya. Hal ini dikarenakan adanya sejumlah teknologi Yamaha yang disematkan ke dalam Yamaha R25. Apa saja teknologi Yamaha yang diterapkan pada Yamaha R25 tersebut?

23yamaha-r25

Yamaha R25 mengusung mesin dengan 2 silinder segaris dan dibekali 4 katup pada setiap silindernya. Yamaha memilih menggunakan mesin tipe oversquare atau diameter piston lebih panjang dari langkah pistonya. Yamaha R25 memiliki panjang langkah piston 44,1 mm dan diameter piston 60 mm serta memiliki perbandingan kompresi 11,6 :1.  Hasilnya motor sport yang dibanderol Rp 53 jutaan ini mampu menghasilkan daya maksimum 53,4 dk pada putaran 12.000 serta torsi maksimum 22,1 Nm pada 10.000 rpm. Semakin penasaran kenapa Yamaha R25 memiliki power besar? Setelah sebelumnya kami ulas tentang tesride Yamaha R25, maka kali ini kami akan ulas beberapa teknologi pada Yamaha R25 yang membuat motor ini memiliki power begitu besar.

  1. Intake manifold
    Intake manifold Yamaha R25 menggunakan tipe downdraft sehingga laju udara begitu deras. Trhottle body yang digunakan berukutan 32 mm dan dipadukan dengan injector 12 lubang pada setiap silindernya.
  2. Ruang Bakar
    Di sektor ini kombinasi antara forged piston dan DiAsil Cylinder menghasilkan performa yang maksimum. Apalagi ditambah dengan low tension piston ring dan offsite silindernya digeser sampai 7 mm sehingga mengurangi gesekan yang terjadi.
  3. Klep
    Klep atau yang digunakan pada Yamaha R25 adalah tipe direct camshaft aritinya cam atau noken as langsung nonjok shim dan tapet sebelum katup. Tipe ini juga sama dengan yang diaplikasikan pada satria FU dan 250 FI. Untuk menjaga gerakan camshaft digunakan half nut tensioner.
  4. ECU 46 pin
    Sebagai otak dari kerja seluruh sistem yang ada di Yamaha R25, ECU yang digunakan memiliki 46 pin. Biasanya pada motor injeksi lainya hanya menggunakan 33 pin, hal ini juga tak lepas adanya sensor oil pressure switch.
  5. Deep Bottom Oil Pan
    Teknologi ini merupakan teknologi yang diterapakan pada MotoGP. Dengan meletakan pompa oli di bagian terendah maka mencegah air bubble saat akselerasi dan desselerasi.
  6. kruk as 180 derajat
    Kruk as yang dipakai pada Yamaha R25 memiliki beda 180 derajat antara kedua silinder. Artinya saat satu piston berada di TMA maka piston lain berada di TMB. Dengan teknologi ini dapat dihasilkan power tinggi namun minim pumping lose.
  7. Crankcase upper lower
    Jika pada umumnya crankcase saat dibelah jadi bagian kanan dan kiri, maka pada Yamaha R25 terbagi menjadi bagian atas dan bawah.
  8. Progresif Shape Pulley
    Pulley pada throttle body dibuat oval sehingga menghasilkan power yang smooth.

Itulah beberapa teknologi pada Yamaha R25 yang membuat powernya begitu besar. Jadi kini anda sudah tau alasan kenapa Yamaha R25 memiliki power besar.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...