Otomotif / Motor / Begini Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Begini Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Membuat Lampu Motor Lebih Terang bisa dilakukan dengan beberapa trik. Namun sebelumnya perlu anda ketahui bahwa setiap sepeda motor yang beredar di pasaran telah melalui serangkaian pengujian termasuk nyala lampu dari motor tersebut. Meskipun demikian banyak juga para pemilik sepeda motor yang masih belum puas terhadap nyala lampu motornya. Untuk itu Blogekstra akan sedikit membagi trik bagaimana caranya membuat lampu motor anda lebih terang dengan menggunakan dua buah relay.

0000012744

Pada dasarnya trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay hanya mengurangi hambatan dari rangkaian lampu itu sendiri. Telah kita ketahui bersama bahwa rangkaian lampu kepala yang meliputi kabel dan saklar memiliki hambatan yang lumayan besar, sehingga membuat voltase yang masuk ke lampu berkurang. Dengan berkurangnya tegangan atau voltase tersebut tentu membuat nyala lampu tidak maksimal. Jadi penggunaan relay disini hanya men-jumper listrik dari sumber (bateray) langsung menuju lampu tanpa melewati rangkaian lampu.

Oke sebelum masuk ke rangkaian, mari kita pelajari dulu bagaimana relay itu bekerja. Relay biasanya memiliki 4 terminal (ada yang 5 atau 6) yakni terminal 30, 87, 85, dan 86. Terminal 30 dan 87 berfungsi sebagai switch atau saklar, sedangkan terminal 85 dan 86 berfungsi sebagai elektro magnetik. Jadi cara kerjanya ketika ada arus listrik yang mengalir melewati terminal 85/86 akan mengaktifkan elektromagnetik. Gaya magnit yang timbul kemudian akan menarik switch, sehingga terminal 30 dan 87 akan berhubungan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

relay_term

Setelah memahami cara kerja dari relay, selanjutnya proses aplikasi relay tersebut di rangkaian lampu kepala. Pertama-tama potong kabel lampu jarak jauh dan kemudian hubungkan kabel yang menuju lampu dengan terminal 87 pada relay. Sedangkan kabel dari saklar hubungkan dengan terminal 85. Selanjutnya hubungkan terminal 30 dengan sumber (positif bateray) dan terakhir hubungkan terminal 86 pada massa (-). Lakukan langkah tersebut pada lampu jarak dekat dengan menggunakan relay yang berbeda. Rangkaian lampu kepala dengan dua buah relay ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

skema-relay-lampu-dc

Gimana cukup mudah bukan untuk membuat lampu motor lebih terang? Untuk harga relay sendiri biasanya dipasaran dijual denan harga 15 ribu hingga 30 ribu. Nah jika anda masih bingung atau belum jelas bisa ditanyakan lewat kolom komentar dibawah.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

5 comments

  1. Saya kurang mengerti saya bertempat tinggal di bangka belitung gimanaya saya membuat lampumototr saya menyala terang

  2. bos tetep aja jadi perubahannya tidak beda jauh dengan pake relay apa kabel dari aki nya harus kabel yang gede,mohon pencerahan

  3. Bang ane mw tnya ko motor Vario
    ane d pasang hid gak bisa eh mlh boros k aki itu mslh ap n solusinya gmna ya

  4. Kalo utk pasang lampu tambahan pke Relay 4 kaki juga ya skalian Cara merakit ya bro

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...