Otomotif / Info / Apasih Sebenarnya Fungsi Lampu Hazard?

Apasih Sebenarnya Fungsi Lampu Hazard?

Lampu Hazard atau hazard lamp atau bisa juga dikatakan lampu darurat sebenarnya cukup vital peranya pada kendaraan. Namun seringkali pemilik mobil salah kaprah mengartikan fungsi lampu hazard ini. Seringkali para pengemudi menyalakan lampu hazard saat hujan atau saat kabut, padahal fungsi dari lampu hazard adalah untuk memberikan tanda bahwa pengemudi sedang dalam keadaan darurat.

 penggunaan-lampu-hazard

Di kutip dari kompas, lampu hazard adalah lampu yang akan hidup secara bersamaan saat tombol (gambar segitiga merah) ditekan. Fungsi lampu hazard sebenarnya adalah untuk penanda ketika pengemudi sedang berada dalam keadaan darurat. Keadaan darurat disini bisa diartikan saat mobil mogok, sedang mengganti ban atau mobil mengalami kecelakaan. Kesalahan dalam penggunaan lampu hazard ini, bukan tidak mungkin akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Berikut ini beberapa kesalahan yang dilakukan pengemudi terkait penggunaan lampu hazard

  1. Saat Hujan
    Jika anda menyalakan lampu hazard saat hujan, maka akan membingungkan pengendara dibelakang anda. Jika terjadi hujan cukup nyalakan lampu utama dan kemudikan mobil secara hati-hati.
  2. Saat Kabut
    Dalam kondisi ini juga tidak dibenarkan menyalakan lampu hazard. Karena saat terjadi kabut anda cukup menyalakan fog lamp atau lampu kabut dan lampu utama.
  3. Saat akan berjalan lurus di persimpangan
    Hal ini juga sering dilakukan oleh pengemudi. Ketika akan berjalan lurus di persimpangan cukup tidak usah menyalakan lampu sein, karena dengan tidak menyalakan lampu sein sudah menandakan bahwa anda akan berjalan lurus.
  4. Saat Berada di Lorong Gelap
    Jika menyalakan lampu hazard, tidak ada efeknya justru akan membuat bingung pengemudi dibelakang anda. Cukup nyalakan lampu senja saja atau lampu utama jika masih gelap. Pengemudi di belakang anda juga akan tau ada mobil didepan karena otomatis lampu merah pada bagian mobil anda akan hidup.

Nah dengan mengetahui fungsi lampu hazard yang sebenarnya serta beberapa hal tentang penyalahgunaan lampu hazard diatas, diharapkan para pengemudi kini lebih cerdas dalam mengemudikan kendaraanya. Dengan demikian kecelakaan yang disebabkan kesalahan dalam menggunakan lampu hazard dapat dihindari.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...