Otomotif / Tips / 9 Jalur Alternatif Di Jawa Barat Jika Terjadi Kemacetan Saat Mudik

9 Jalur Alternatif Di Jawa Barat Jika Terjadi Kemacetan Saat Mudik

Jalur Alternatif Di Jawa Barat – Bulan ramadhan akan segera usai, ini berarti seluruh umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri / Lebaran. Hari lebaran yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi tidak bisa dilepaskan dengan tradisi mudik. Ya, beberapa hari sebelum hari H, orang-orang yang merantau akan mudik/ pulang ke kampung halamanya untuk bertemu dengan sanak saudara dan merayakan Lebaran bersama keluarga besar. Biasanya 1 minggu sebelum hari H jalur-jalur yang digunakan untuk mudik seperti di pantura sudah mulai dipadati pemudik baik yang menggunakan sepeda motor atau mobil.

jalur alternatif pantura

Peta jalur Mudik Di Jawa Barat

Karena jumlah pemudik ini cukup besar sehingga membuat kepadatan lalu lintas bahkan kemacetan. Berkaca pada tahun-tahun yang lalu, daerah Jawa Barat diperkirakan menjadi daerah yang paling padat dilalui para pemudik. Untuk itu Korlantas Polri sudah menyiapkan pasukan tambahan guna memantau arus mudik di kawasan Jawa Barat terutama di Jalur Pantura dari Cikampek sampai perbatasan Jateng. Demi menjamin lancarnya lalu lintas saat mudik, maka telah disiapkan jalur alternatif di Jawa Barat untuk menanggulangi kemacetan. Puncak kepadatan arus mudik biasanya terjadi pada H-3. Ada sekitar 7 titik yang diperkirakan mengalami kemacetan parah diantaranya Nagrek, Sumedang, Pejagan, Ciawi, Sadang, Cikampek, dan Palimanan. Jika terjadi kemacetan parah di ketujuh titik tersebut, maka Polisi akan menginstruksikan agar para pemudik melewati jalur alternatif yang telah disiapkan.

Menurut Kombes Pol Istiono selaku kepala bagian Ops Korlantas Polri, jika nanti ada polisi lalu lintas yang mengarahkan agar melalui jalur alternatif maka ikuti saja. Setiap polisi pasti sudah mengetahui kondisi medan mana yang macet dan mana yang lancar, karena mendapatkan informasi dari petugas di daerah lain. Polisi nantinya juga akan menjamin keamanan di jalur alternatif tersebut dengan mendirikan posko 24 jam. Anda bisa memilih jalur alternatif yang terdekat dengan tujuan akhir anda. Di kutip dari Kompas. berikut 9 jalur alternatif di Jawa barat apabila anda terjebak dalam kemacetan:

  1. Sadang – Kalijati – Purwodadi – Sukamandi
  2. Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Cariu – Cikalong- Cianjur
  3. Pamanukan – Pegadenbaru – Subang – Kalijati – Sadang
  4. Subang – Segala Herang – Lembang – Bandung
  5. Malangbong – Wado – Darmajaya – Situraja – Sumedang
  6. Dawuhan – Sumber Jaya – Kertajati – Jatitujuh – Jatibarang
  7. Dawuhan – Majalengka – Talaga- ┬áCikijing – Kuningan – Ciawigebang
  8. Dawuhan – Majalengka – Talaga – Cikijing – Panawangan – Kawali – Ciamis
  9. Nagrek – Kadungora – Tarogong – Garut – Salawu – Tasikmalaya

Nah itulah kesembilan jalur alternatif di Jawa Barat untuk menanggulangi kemcetan saat arus mudik Lebaran. Dengan melewati jalur alternatif tersebut diharapkan arus mudik kali ini bisa lancar sehingga para pemudik bisa nyaman dan aman saat berkendara menuju kampung halaman.

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

One comment

  1. ahmad sembiring

    tanks min.. kemarin jadi terhindar macet pas balik dari kampung halaman hhiii

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...