Otomotif / Tips / Menyiasati Pengisian Bensin Untuk Kesehatan Kantong

Menyiasati Pengisian Bensin Untuk Kesehatan Kantong

BBM naik lagi..naik lagi..kapan turunnya ya? Daripada kita mengeluh tiada akhir, dan BBM tetap tidak mungkin turun, yuk deh kita mulai pikirkan bagaimana cara untuk lebih irit dalam mengisi BBM. Mungkin teman – teman sering mengisi BBM tetapi kurang memperhatikan dan menyiasati agar lebih irit. Padahal bicara masalah kendaraan bermotor, bukan hanya melulu soal komponennya tetapi juga perawatan kendaraan bermotor itu sendiri. Pengisian BBM yang tepat, bukan saja akan membuat kendaraan kita lebih awet, tetapi juga akan menjaga kesehatan kantong kita lho :). Nah, kalau teman – teman ingin lebih hemat dari pengisian BBM, coba cara ini yuk :

BBM1. Usahakan mengisi BBM pada malam hari

Seringkali kita kurang memperhatikan waktu pengisian bensin, dan sering beranggapan bahwa mengisi bensin pada siang hari atau malam hari sama saja. Padahal waktu pengisian bensin bisa mempengaruhi efektifitas cairan bensin yang masuk ke dalam tangki bahan bakar. Disarankan untuk mengisi bensin di malam hari daripada siang hari. Hal ini disebabkan suhu yang lebih dingin pada malam hari akan membuat senyawa bensin menjadi lebih padat. Sebaliknya pengisian pada siang hari akan membuat bensin menjadi lebih cepat menguap. Sehingga kalau kita mengisi pada malam hari, maka pengisian bensin menjadi lebih optimal daripada siang hari dimana kemungkinan bensin yang masuk agak berkurang.

2. Setting nosel bensin pada posisi slow mode

Kita bisa minta petugas SPBU saat sedang mengisi bensin untuk setting nosel bensin pada posisi slow mode. Dengan slow mode, maka bensin yang masuk akan masuk secara perlahan dan mengurangi dampak bensin yang menguap. Mengisi bensin usahakan pada saat tangki setengah penuh, jangan benar – benar kosong. Karena kondisi tangki yang kosong pasti memiliki banyak ruang kosong yang bisa menyebabkan bensin menguap.

3. Hindari mengisi BBM saat SPBU sedang mengisi deposit

Mengisi BBM sebaiknya menghindari saat bersamaan SPBU sedang mengisi deposit atau pengisian storage tank atau truk bensin. Aliran bensin yang digelontorkan masuk ke dalam tempat penyimpanan deposit bahan bakar akan membuat kotoran – kotoran yang mengendap di dasar tangki sebelumnya akan ikut memburai naik ke permukaan. Kalau kita mengisi bensin pada saat itu juga, kemungkinan besar kotoran – kotoran tadi akan ikut terhisap dan masuk ke dalam tangki kita.

4. Suhu terendah adalah pada pukul 2.30 WIB

Sepanjang siang, tanah di sekitar tempat penyimpanan bensin menyerap panas dan akan terus menyimpannya hingga malam hari. Kemudian tanah akan melepas panas berangsur – angsur hingga sekitar pukul 2.30 WIB. Pada waktu itu dipastikan hampir tidak ada perubahan suhu di permukaan bumi, sehingga tidak ada pula hembusan angin, hal yang sama terjadi di dalam tangki deposit penyimpanan bensin. Maka dari itu, berdasarkan penelitian, mengisi bahan bakar pada waktu – waktu tersebut sangatlah tepat.

Nah, sekarang kita sudah tahu bagaimana menyiasati pengisian bahan bakar untuk lebih berhemat dan tentu saja sekaligus merawat kendaraan bermotor kita. Waktu – waktu pengisian bensin yang tepat tadi bukan bermaksud agar kita mengisinya pada tengah malam atau pagi buta. Tetapi paling tidak kita jadi tahu, dan menyediakan waktu yang tepat untuk pengisian bahan bakar agar jauh lebih hemat.

Semoga bermanfaat ya :)

Foto : tribunnews.com

 

Penulis: Anna yosefina

Foto Profil dari Anna yosefina
Seorang blogger yang suka dunia tulis-menulis. - www.citrawanita.com -

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...