Otomotif / Mobil / Mobil Datsun Go Tidak Lolos Uji Tabrak Oleh Global NCAP

Mobil Datsun Go Tidak Lolos Uji Tabrak Oleh Global NCAP

Mungkin banyak diantara kita yang sudah mendengar dan melihat mobil Datsun Go tetapi tahukah anda jika mobil tidak lolos tabrak oleh Global NCAP di India. Global NCAP (Global New Car Assessment Program) merupakan lembaga yang menguji tabrakan suatu mobil yang ada di Negara India ini memberikan hasil yang mengejutkan jika mobil murah Datsun Go tidak lolos dan akhirnya berbuntut panjang dimana pabrikan diminta menghentikan sementara penjualan mobil tersebut hingga adanya revisi keamanan pada mobilnya.

Gambar Mobil Datsun Uji Tabrak Oleh Global NCAP

Bahkan pada awalnya sesaat akan diuji mobil Datsun Go hingga seri yang tinggipun sudah tidak layak untuk diuji karena tidak memiliki rem ABS dan Airbags. Akhirnya mobil ini di uji tentang dampak tabrakan frontal dengan kecepatan 64km/perjam. Kecepatan yang dipakaikan ini merupakan simulasi dari bagian besar suatu kecelakaan. Berdasarkan informasi yang dilansirkan oleh Indian Autos, hasil nya Bodi mobil Datsun Go hancur parah ketika diuji tabrak yang membuat boneka percobaan mengalami luka fatal pada daerah kepala, dada, dan kaki. Dengan laporan tersebut mobil ini tidak bisa mendapatkan satu rating bintang dalam bagian keselamatan.

Kepala Global NCAP, Max Mosle juga sudah mengajukan usulan hasil pengujian mereka bahkan hingga mengirimkan surat uji resmi kepada CEO Renault-Nissan untuk tidak menjual Datsun Go di India. Pihak mereka tetap pada pendapat yang menyatakan mobil tersebut memiliki struktur bodi yang sangat lemah dimana baik pengemudi maupun penumpang akan mengalami cedera yang fatal ketika terjadi kecelakaan tabrakan frontal dengan kecepatan antara 64km/perjam. Pihak Global NCAP mengeluarkan pernyataan meskipun mobil ini ditambakan rem ABS serta airbags juga tidak bisa memberikan jaminan untuk keamanan bagi pengemudi dan penumpang.

Pada sebelumnya Guillaume Sicard (Nissan India Operation President) memberikan pernyataan bahwa mereka telah memenuhi relugasi mobil lokal dan semua persyaratan keamanan yang berlaku di India. Namun mereka tetap bersedia untuk mengikuti dan akan mengembangkan standar keamanan bagi kendaraan tersebut. Untuk diketahui Mobil Datsun Go ini juga baru saja diluncurkan di Indonesia tetapi belum diketahui apakah uji tabrak ini hanya berlaku di India, karena bagi Indonesia sendiri belum ada lembaga khusus yang menguji keselamatan dari suatu mobil.

Penulis: Alniswar

Foto Profil dari Alniswar
Saat sedang kerja di bagian stok manajemen untuk program industri baju distro dan jaket hoodiedance.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Gambar Skuter Listrik Evino

Yamaha Skuter Listrik Evino Bergaya Klasik

Setelah sebelumnya hanya baru mendengar beberapa kabar angin tentang akan muncul skuter ...